Reliability Centered Maintenance (RCM)

Training online guna meningkatkan kompetensi Anda sebagai staff maintenance / engineering

eTraining Reliability Centered Maintenance RCM

Contoh Tampilan Sertifikat

Contoh tampilan sertifikat eTraining

eTraining ini disampaikan dalam Bahasa Indonesia
Harga : Rp 990.000 740.000,-
Sudah punya akun?

Belum terdaftar sebagai member?

Reliability Centered Maintenance / RCM adalah sebuah proses yang dilakukan untuk memastikan peralatan operasi melakukan fungsi yang diharapkan sesuai dengan operating context saat ini. Reliability Centered Maintenance merupakan metoda study untuk menghasilkan improvement terhadap peralatan operasi yang ada. Proses improvement melalui Reliability Centered Maintenance didefinisikan ulang dari awal, yaitu identifikasi fungsi dari peralatan tersebut.

Metoda utama dalam Reliability Centered Maintenance adalah FMECA (Failure Mode Effect & Criticality Analysis) yang merupakan proses streamlined dari FMEA (Failure Mode Effect Analysis). Secara umum melalui Reliability Centered Maintenance, kita diajak untuk mengenal peralatan operasi dan mengetahui dengan jelas apa saja kemungkinan peralatan tersebut bisa gagal, bagaimana efeknya dan bagaimana cara mengelola kegagalan tersebut.

Sederhananya, Reliability Centered Maintenance akan memungkinkan Anda untuk menentukan mana mesin / peralatan yang memerlukan Preventive Maintenance, Predictive Maintenance, atau bahkan Corrective Maintenance.

Reliability Centered Maintenance / RCM dapat membantu perusahaan untuk mengetahui dengan lebih jelas praktik perawatan yang dibutuhkan secara hemat biaya (cost effective). Kunci dari pelaksanaan RCM ini adalah konsistensi terhadap sumber daya yang diperlukan ketika Study dan Implementasinya. eTraining Reliability Centered Maintenance ini, akan mengajarkan Anda penerapan dan kalkulasi Reliability Centered Maintenance (RCM) secara mudah dan praktis. Sehingga Anda bisa meningkatkan Availability mesin / peralatan, sekaligus mengoptimalkan budget maintenance yang tersedia.

Pada topik eTraining ini, Anda akan belajar tentang :

  1. Introduction to RCM
  2. Reliability dan Availability
  3. Improving Productivity
  4. Calculating Failure Rate and Reliability
    • System in Series
    • System in Parallel
    • Mixed System
    • Active Redundancy System
    • Passive Redundancy System
    • Component Redundancy Vs System Redundancy
  5. Reliability Curve and Preventive Maintenance
  6. Turnarounds and RCM Implementation Flowchart

eTraining ini sangat perlu di ikuti oleh :

  • Anda yang bekerja sebagai engineer / staff di departemen Maintenance, Industrial Enginering, dan Mechanical Engineering, serta Electrical Engineering.
  • Supervisor hingga Senior Manager / General Manager dari departemen Maintenance / Engineering.
  • Konsultan / praktisi bidang Maintenance Engineering / Total Productive Maintenance.
  • Konsultan / praktisi bidang Lean manufacturing / Lean Management dan Toyota Production System.
  • Anda yang memiliki job description untuk menjaga, merawat, dan meningkatkan performa mesin / peralatan kerja di perusahaan Anda.

Metode pembelajaran yang digunakan dalam eTraining ini adalah :

Presentasi Animatif
Pemaparan setiap pelajaran menggunakan metode presentasi yang dikombinasikan dengan visualisasi animatif. Sehingga Anda seolah berada dalam sebuah sesi pelatihan tatap muka. Dengan metode ini, maka Anda dimudahkan dalam belajar secara mandiri.

Quiz
Dilaksanakan tiap akhir durasi presentasi. Quiz ini akan membantu Anda dalam mengingat dan memahami inti dari pelajaran yang disampaikan.

Final Test
Dilaksanakan di akhir eTraining. Final Test ini akan memastikan bahwa setiap pemegang Certificate of Accomplishment memiliki kompetensi tinggi. Sesuai dengan standar PT Integra Solusi Dinamika.

Dengan membeli eTraining ini, maka Anda mendapatkan :

  • Akses (masa aktif) pada topik eTraining ini selama 2 tahun.
  • Sertifikat (Certificate of Accomplishment).*
  • Akses ke forum diskusi.
  • Gratis biaya pengiriman sertifikat. **
  • Mendapat 3 kali kesempatan mengikuti Final Test.

Note :

* Sertifikat hanya diberikan kepada peserta / member yang lulus eTraining. Syarat kelulusan adalah mendapatkan nilai minimal 70 pada salah satu dari 3 kali kesempatan Final Test yang diberikan.
** Gratis ongkos kirim sertifikat, hanya berlaku untuk wilayah Indonesia. Pengiriman sertifikat ke Malaysia, Timor Leste, Brunai, dan luar negeri lainnya dikenai tambahan ongkos kirim.

Daftar Training Online

Ikuti langkah 1.200+ member Integra eTraining Indonesia

Buat akun, lalu kerjakan eTraining sesuai bidang pekerjaan Anda.